Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9236Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI di SMA Katolik Frateran Santo Gabriel Nunukan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eskperimen dengan rata-rata nilai pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan dari 44,40 menjadi 72 (N-gain 0,47) sedangkan nilai pretest dan posttest hasil belajar meningkat dari 52,84 menjadi 74,62 (N-gain 0,44). Sedangkan kelas kontrol nilai pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis meningkat dari 43,08 menjadi 48,17 (N-gain 0,06) dan nilai pretest dan posttest hasil belajar meningkat dari 31,56 menjadi 41,69 (N-gain 0,14). Pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar diperoleh uji-t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa.