Literature Review: Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9252Abstract
Penelitian ini membahas peran kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di era Society 5.0, di mana teknologi menjadi bagian integral dari kehidupan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran AI dalam meningkatkan hasil belajar matematika, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasi AI dalam pembelajaran matematika, dan mengetahui transformasi peran guru dalam pembelajaran matematika berbasis AI. Metode penelitian ini yakni systematic literature review yaitu literatur dari berbagai penelitian terkini, ditemukan bahwa AI mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan menyediakan pengalaman belajar personal, interaktif, dan adaptif sesuai dengan kebutuhan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan AI dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif pada motivasi belajar, pemahaman konsep, dan prestasi akademik siswa. Selain itu, transformasi peran guru menjadi fasilitator dan inovator dalam pembelajaran berbasis AI sangat penting untuk mendukung keberhasilan implementasi teknologi ini. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan AI dalam pendidikan matematika masih menghadapi sejumlah tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur teknologi, literasi digital guru dan siswa, serta perlunya pelatihan bagi tenaga pengajar untuk mengoperasikan teknologi ini secara optimal. Dengan dukungan yang memadai, prospek pemanfaatan AI dalam pembelajaran matematika sangat menjanjikan untuk menciptakan pendidikan yang lebih inklusif dan efektif di masa depan.