Pengembangan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global pada Pembelajaran IPAS Kelas IV

Authors

  • Puspita Putri Kurniasari Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9253

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas berdampak pada kemampuan dan karakter peserta didik. Salah satunya adalah pada karakter berkebhinekaan global. Peserta didik kurang memahami materi mengenai keberagaman budaya di Indonesia. Kurangnya kemampuan tersebut berpengaruh pada perkembangan karakter berkebhinekaan global peserta didik. Maka dari itu, media yang dapat menunjang meningkatnya kemampuan serta penanaman karakter berkebhinekaan global perlu dilakukan, salah satunya adalah pengembangan media spinning wheel. Media ini dikembangkan oleh peneliti dengan penelitian R&D menggunakan model ADDIE. Model ADDIE dilakukan melalui 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluate. Penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen wawancara, observasi, angket dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media spinning wheel yang dikembangkan oleh peneliti merupakan media yang valid dan dapat digunakan untuk proses pengambilan data. Hal tersebut terlihat dari hasil penilaian dari ahli media dan ahli materi. Karakter berebhinekaan global pada diri peserta didik juga mengalami peningkatan yang termasuk dalam kategori efektifitas yang tinggi. Berdasarkan haisl tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media spinning wheel merupakan media yang valid dan efektif untuk membantu meningkatkan karakter berkebhinekaan global pada diri peserta didik.

Published

2025-09-02

How to Cite

Kurniasari, P. P. ., Alfi, C., & Fatih, M. (2025). Pengembangan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global pada Pembelajaran IPAS Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10732-10738. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9253