Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Feb UNESA
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9259Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana persepsi terhadap profesi guru, lingkungan keluarga, serta pengalaman dalam program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) memengaruhi minat mahasiswa menjadi guru. Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa minat mahasiswa pendidikan untuk menekuni profesi guru masih tergolong rendah, meskipun peran guru sangat vital dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional. Subjek penelitian mencakup mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNESA, dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Metode analisis data yang digunakan mencakup uji instrumen, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara simultan variabel persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, dan PLP berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Secara parsial, persepsi mengenai profesi guru dan pengalaman PLP berpengaruh positif dan signifikan, sementara faktor lingkungan keluarga tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan pandangan positif terhadap profesi guru dan keterlibatan dalam praktik lapangan dapat memperkuat minat mahasiswa untuk memilih karir sebagai guru. Sehingga penelitian ini memberikan implikasi bagi pihak kampus dan pemangku kebijakan pendidikan untuk merancang program yang dapat meningkatkan persepsi positif terhadap profesi guru, memperkuat dukungan keluarga, serta mengoptimalkan pelaksanaan PLP guna meningkatkan minat mahasiswa menjadi guru. Dengan demikian, diharapkan jumlah dan kualitas calon guru yang kompeten dan profesional dapat terus meningkat, mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional.