Integrasi Nilai Civic culture dari Upacara Adat Wuku Taun dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Tria Mutiara Rahmawati Suhendar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sapriya Sapriya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nisrina Nurul Insani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9262

Abstract

Budaya lokal merupakan warisan penting yang mencerminkan identitas dan karakter bangsa. Namun, arus globalisasi telah menyebabkan menurunnya minat generasi muda terhadap tradisi lokal, sebagaimana terlihat di Kampung Adat Cikondang. Minimnya pengetahuan siswa terhadap budaya sekitar menunjukkan perlunya pelestarian budaya melalui jalur pendidikan. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai civic culture seperti gotong royong, toleransi, dan kepedulian sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai civic culture dalam Upacara Adat Wuku Taun serta menyusun model integrasinya ke dalam pembelajaran PKn di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, dengan informan yang dipilih secara purposive, termasuk tokoh adat, perangkat desa, guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles & Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data diperkuat melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upacara Wuku Taun mengandung nilai-nilai civic culture seperti partisipasi aktif, gotong royong, musyawarah, solidaritas, toleransi, saling percaya, dan ekualitas. Nilai-nilai ini kemudian diintegrasikan ke dalam pembelajaran PKn melalui pengembangan LKPD kontekstual. Implementasi di kelas X SMAN 1 Pangalengan melalui strategi cooperative learning meningkatkan keterlibatan siswa, keterampilan sosial, dan sikap demokratis. Penelitian ini membuktikan bahwa integrasi budaya lokal dalam pembelajaran PKn efektif dalam memperkuat karakter kewarganegaraan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya dalam pendidikan formal.

Published

2025-09-02

How to Cite

Suhendar, T. M. R. ., Sapriya, S., & Insani, N. N. . (2025). Integrasi Nilai Civic culture dari Upacara Adat Wuku Taun dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10739-10752. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9262