Penerapan PjBL Terintegrasi Tri-N Berbantuan Flipbook Cipta Warna untuk Meningkatkan Dimensi Kreatif Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9273Abstract
Sikap kreatif sangat diperlukan siswa dalam menghadapi tantangan abad 21. Penanaman deimensi kreatif dalam dilakukan dengan penerapan model pembelajaran Project based Learning (PjBL) terintegrasi Tri N berbantuan flipbook. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan PjBL terintegrasi Tri N berbantuan Flipbook Cipta Warna terhadap peningkatan dimensi kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain pada penelitian ini yaitu one group pretest – postest. Sujek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD N di salah satu Kabupaten Sleman yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Indikator dimensi kreatif meliputi menghasilkan gagasan yang orisinal dan memiliki keluwesan berpikir untuk mencari alternatif menghadapi permasalahan. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 29.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan PjBL terintegrasi Tri-N berbantuan flipbook terhadap dimensi kreatif siswa dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,001< 0,05.