Teknologi Pendidikan Islam Mutakhir dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9274Abstract
Makalah ini membahas perkembangan terbaru dalam teknologi pendidikan Islam serta penerapannya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research), di mana data diperoleh dari buku, jurnal ilmiah, dan sumber daring untuk mengkaji penggunaan serta hambatan dalam penerapan teknologi pada pembelajaran PAI. Temuan penelitian menunjukkan bahwa teknologi pendidikan Islam modern memiliki potensi besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, personal, dan mendalam. Namun, penerapan teknologi ini masih menghadapi berbagai kendala, seperti kesenjangan digital akibat terbatasnya infrastruktur, rendahnya kesiapan tenaga pendidik (kurangnya kompetensi dan adanya penolakan), tingginya biaya investasi, minimnya konten berkualitas, risiko gangguan dan ketergantungan pada perangkat digital, serta isu terkait keamanan dan privasi data. Makalah ini juga merumuskan berbagai solusi strategis untuk mengatasi kendala tersebut, antara lain penyediaan bantuan perangkat, pelatihan guru secara berkelanjutan, kolaborasi antar lembaga, pengembangan standar konten, serta peningkatan literasi digital. Dengan mengatasi berbagai tantangan tersebut, teknologi dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan mutu dan daya tarik pembelajaran PAI, serta mencetak generasi Muslim yang cerdas, beriman, dan cakap teknologi.