Efektivitas Pendekatan Tetrahedron Didaktis Berbantuan Media Desmos dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Visual Matematis Siswa SMA Negeri 1 Binjai

Authors

  • Sutiara Citra Novrianti Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan yang signifikan kemampuan representasi visual matematis siswa SMA Negeri 1 Binjai antara kelompok; (2) menganalisis seberapa besar pengaruh pendekatan didaktis tetrahedron berbantuan media desmos terhadap peningkatan kemampuan representasi visual matematis siswa; (3) mengetahui keefektifan pendekatan didaktis tetrahedron berbantuan media desmos dalam meningkatkan kemampuan representasi visual matematis siswa SMA Negeri 1 Binjai; (4) menganalisis faktor-faktor penyebab peningkatan kemampuan representasi visual matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan didaktis tetrahedron (Teknologi-Guru-Siswa-Materi) berbantuan software desmos dalam pembelajaran dengan metode penelitian eksperimen semu dengan menggunakan Non-Equivalent Group Design. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai signifikansi p-value dari uji hipotesis sebesar 0,022 maka diterima, (2) effect size (ES) = 0,523 yang memiliki kategori sedang, (3) analisis dalam pemenuhan 7 indikator pembelajaran efektif menunjukkan semua indikator berkategori baik yaitu pengorganisasian materi baik, komunikasi efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap materi pembelajaran, sikap positif terhadap siswa, penilaian cukup, fleksibilitas dalam pendekatan pembelajaran, dan hasil belajar siswa baik, yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 8,5, serta N-Gain Score sebesar 0,5340 yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Didactic Tetrahedron berbantuan media Desmos efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi visual matematis siswa di SMA Negeri 1 Binjai.

Published

2025-09-04

How to Cite

Novrianti, S. C. ., Fauzi, M. A. ., & Fauzi, M. A. . (2025). Efektivitas Pendekatan Tetrahedron Didaktis Berbantuan Media Desmos dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Visual Matematis Siswa SMA Negeri 1 Binjai. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10779-10793. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9280