Pengembangan Media Papan Pintar pada Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9282Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media smartboard untuk materi pengamalan nilai-nilai Pancasila untuk kelas IV. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode Research & Development dengan tipe 4D (Define, Design, Develop, Dissaminate). Sebelum mengembangkan media, dilakukan analisis masalah dan kebutuhan dengan melakukan wawancara, observasi, dan menyebarkan angket kepada peserta didik dan pendidik. Pengembangan media didasarkan pada kebutuhan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 3 Papringan yang berjumlah 22 orang. Sebelum diimplementasikan, media telah dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian memperoleh skor sebesar 97,91% oleh ahli materi dan skor sebesar 89,5% oleh ahli media, keduanya dinyatakan sangat layak digunakan. Setelah dinyatakan valid, media smartboard kemudian diimplementasikan kepada peserta didik. Pretest diberikan sebelum implementasi media dan posttest setelah implementasi media untuk menghitung keefektifan implementasi media smartboard terhadap hasil belajar peserta didik. Setelah implementasi, skor keefektifan diperoleh sebesar 1,1833 dengan kriteria sangat efektif. Artinya, penerapan media papan pintar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengamalan nilai-nilai Pancasila.