Pengaruh Size, Ukuran Dewan Komisaris, ROA dan Sales Growth terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)

Authors

  • Indea Dewanti Universitas Esa Unggul Jakarta, Indonesia
  • Ahmad Sururi Afif Universitas Esa Unggul Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.929

Abstract

CSR merupakan elemen yang sangat penting, terutama dalam pelaporan keuangan perusahaan. Ketika diungkapkan, Pengungkapan CSR berdampak positif bagi perusahaan, terutama di mata para pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh size, ukuran dewan komisaris, profitabilitas, dan sales growth terhadap pengungkapan CSR. Model penelitian menggunakan desain kausalitas dan data kuantitatif berupa laporan tahunan. Dalam penelitian ini menggunakan subsektor property dan real estate tahun 2018-2021 yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu pemilihan sampel menurut kriteria khusus, sampel yang diperoleh selama penelitian berjumlah 64 perusahaan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan size, ukuran dewan komisaris, profitabilitas, dan sales growth terhadap pengungkapan CSR. Kemudian secara parsial size berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, lalu ROA berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR, dan variabel dewan komisaris serta sales growth tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.

Published

2022-10-01

How to Cite

Dewanti, I., & Afif, A. S. (2022). Pengaruh Size, Ukuran Dewan Komisaris, ROA dan Sales Growth terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4112-4119. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.929