Studi Eksperimen Pengaruh Model STAD Berbantuan Media Cirpari terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9292Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Cirpari terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Ngajaran 02 dan SD Negeri Ngajaran 03, dengan sampel siswa kelas IV yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas IV SD Negeri Ngajaran 03 menjadi kelompok eksperimen yang menerapkan model STAD berbantuan media Cirpari, sementara kelas IV SD Negeri Ngajaran 02 menjadi kelompok kontrol yang hanya menerapkan model STAD konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam pemahaman konsep siswa setelah diberikan model pembelajaran STAD berbantuan media Cirpari dibandingkan dengan model pembelajaran STAD tanpa media tersebut, dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig.) dari uji T-Test sebesar 0,000 (< 0,05). Rata-rata nilai kelas eksperimen (91,07) lebih tinggi daripada kelas kontrol (73,88), dengan selisih rata-rata 17,182. Selain itu, terdapat pengaruh signifikan penggunaan model STAD berbantuan media Cirpari terhadap pemahaman konsep siswa, dibuktikan dengan nilai Sig. dari uji regresi linear sederhana sebesar 0,000 (< 0,05) dan nilai R Square sebesar 0,588, menunjukkan pengaruh sebesar 58,8%. Dengan demikian, model STAD berbantuan media Cirpari efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.