Manajemen Pembelajaran Politik Berbasis Pendidikan Agama Islam Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia di Madrasah Aliyah Syamsul Ulum Kota Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9296Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran politik berbasis Pendidikan Agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di Madrasah Aliyah Syamsul Ulum Kota Sukabumi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya integrasi nilai-nilai keagamaan dalam pendidikan politik untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab sebagai warga negara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran politik di madrasah ini dirancang secara sistematis melalui kurikulum yang mengintegrasikan materi kewarganegaraan dan ajaran Islam, strategi pembelajaran yang kolaboratif, serta evaluasi yang menekankan aspek kognitif, afektif, dan spiritual. Pendidikan Agama Islam berperan sebagai landasan moral yang memperkuat pemahaman peserta didik terhadap etika berpolitik sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Kesimpulannya, manajemen pembelajaran politik berbasis Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Syamsul Ulum efektif dalam membentuk akhlak mulia peserta didik dan dapat dijadikan model dalam pengembangan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai religius.