Pengembangan Media Podcast Edukatif untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9309Abstract
Pelatihan merupakan kegiatan pembelajaran untuk masyarakat yang sudah terencana dan tertata dengan baik untuk menumbuhkan keterampilan sesuai dengan bakat dan minat. Evaluasi Program Pelatihan Menjahit LKP Handayani menggunakan Model CIPP menunjukkan hasil positif dalam konteks, input, proses, dan produk. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah model evaluasi CIPP yang dirancang oleh Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan metode. Program ini sesuai dengan kebutuhan peserta, memiliki instruktur yang kompeten, kurikulum yang relevan, dan sarana yang memadai. Proses pembelajaran berlangsung efektif dengan partisipasi aktif peserta dan bimbingan instruktur yang tepat. Hasilnya, tujuan program tercapai, peserta memiliki keterampilan menjahit yang memadai, dan kepercayaan diri mereka meningkat, bahkan banyak yang berhasil memulai usaha rumahan sendiri.