Pelatihan Digitalisasi Konten Pembelajaran Berbentuk Video di Masa Pandemi Bagi Guru di SMAN 1 Petang

Authors

  • Putri Anugrah Cahya Dewi STMIK Primakara, Indonesia
  • Ketut Queena Fredlina STMIK Primakara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.931

Abstract

Hal penting yang perlu menjadi pertimbangan dalam perubahan pola pembelajaran yaitu dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring adalah pemilihan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu sarana pembelajaran yang efektif untuk dapat mendukung kegiatan belajar dari rumah. Konten pembelajaran haruslah dikemas dalam bentuk inovatif sehingga siswa tidak mudah jenuh. Untuk itu, perlu adanya peran teknologi dalam mengembangkan media pembelajaran bagi pembelajaran daring. Pembelajaran daring dapat dilakukan dengan berbagai media seperti melalui zoom, google meet, google classroom dan whatsapp. Namun, ada beberapa kendala yang dihadapin utamanya dari siswa, apabila pembelajaran daring dilakukan secara sinkron. Seperti yang terjadi di SMAN 1 Petang, beberapa siswa terkendala saat melakukan pembelajaran daring secara sinkron. Salah satunya terkait fasilitas penunjang pembelajaran, di mana terdapat beberapa siswa yang tidak memiliki ponsel pribadi atau masih menggunakan ponsel milik orang tua. Menghadapi permasalahan tersebut, maka pembelajaran perlu disajikan dalam media yang berbeda. Media pembelajaran berupa video pembelajaran yang di unggah melalui youtube merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan. Dengan memberikan video pembelajaran, maka siswa dapat mengakses kapanpun dan dimanapun. Media video pembelajaran merupakan media yang efektif dalam memotivasi siswa serta dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan dapatnya dilakukan pemutaran berulang-ulang.

Published

2022-10-01

How to Cite

Dewi, P. A. C., & Fredlina, K. Q. (2022). Pelatihan Digitalisasi Konten Pembelajaran Berbentuk Video di Masa Pandemi Bagi Guru di SMAN 1 Petang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4232-4235. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.931