Pengembangan Aplikasi PANDAKU dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Materi Pancasila dalam Kehidupanku
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9319Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), yang disebabkan oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif oleh guru selama proses belajar mengajar. Dengan adanya kondisi tersebut, menyebabkan semakin rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi PANDAKU, dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa aplikasi PANDAKU sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada tahap implementasi, ditemukan bahwa nilai tes tertulis siswa meningkat setelah menggunakan aplikasi PANDAKU. Peningkatan ini ditunjukkan melalui perolehan nilai N-Gain yang berada pada kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi ”Pancasila dalam Kehidupanku” dengan efektivitas yang cukup baik.