Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9326Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila yang disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan pancasila dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 3 Lahewa Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Lahewa Timur, Kecamatan Lahewa Timur, Kabupaten Nias Utara. Subjek penelitian peserta didik kelas VIII (delapan) Semester II pada Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: (1) Lembaran observasi guru, (2) Lembar observasi peserta didik, (3) Tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran pendidikan pancasila diperoleh hasil rekapitulasi refleksi pada Siklus I yaitu 61,51% dan hasil rekapitulasi refleksi Siklus II yaitu 91,35%. (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII (delapan) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan nilai rata-rata peserta didik pada Siklus I yaitu 69,60 kriteria cukup dan nilai rata-rata peserta didik pada Siklus II yaitu 83,20 kriteria baik dengan presentase ketuntasan 100%.