Integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam Sistem Pembelajaran Adaptif untuk Meningkatkan Belajar Mandiri Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9327Abstract
Transformasi digital dalam pendidikan telah memperkenalkan Artificial Intelligence (AI) sebagai alat bantu yang potensial dalam mendukung pembelajaran mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan AI secara mandiri dan hubungannya dengan tingkat kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan instrumen berupa angket tertutup yang terdiri atas 20 butir pernyataan skala Likert. Angket disebarkan kepada mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji reliabilitas Cronbach's Alpha. Hasil menunjukkan bahwa persepsi terhadap AI, kemandirian belajar, dan hubungan antara AI dan kemandirian berada pada kategori tinggi, masing-masing dengan skor rata-rata 3.86, 3.53, dan 3.76. Dimensi kendala dan harapan terhadap AI berada pada kategori sedang (mean = 3.23). Nilai Cronbach's Alpha menunjukkan reliabilitas tinggi pada tiga dimensi utama (0.82 - 0.90), meskipun lebih rendah pada dimensi kendala (0.62). Temuan ini menegaskan bahwa AI memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran mandiri, namun diperlukan dukungan institusional untuk mengatasi kendala teknis dan memastikan pemanfaatan yang optimal. Penelitian ini memberikan dasar empiris untuk pengembangan sistem pembelajaran adaptif berbasis AI di pendidikan tinggi.