Implementasi Model Pembelajaran PjBL dengan Media Scrapbook Berbasis Canva dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9332Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media scrapbook berbasis Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Pekanbaru. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang mendorong keterlibatan aktif siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas XI.3 yang memiliki nilai ulangan terendah dan berjumlah sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan model pembelajaran, serta tes pilihan ganda sebagai instrumen pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa setelah dan sebelum diterapkannya meodel pembelajaran Project Based Learning dan media scrapbook berbasis Canva pada data pretest dan posttest. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data yang diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.