Implementasi Project-Based Learning dalam Pelatihan Green Productivity untuk Meningkatkan Kompetensi Berkelanjutan Tenaga Kerja

Authors

  • Nisa Anjarsari Institut Bisnis dan Multimedia (IBM) Asmi, Indonesia
  • Irwan Tanamas Institut Bisnis dan Multimedia (IBM) Asmi, Indonesia
  • Bambang Rismadi Institut Bisnis dan Multimedia (IBM) Asmi, Indonesia
  • Marisi Pakpahan Institut Bisnis dan Multimedia (IBM) Asmi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode Project-Based Learning (PBL) dalam pelatihan Green Productivity (GP) serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitasnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara signifikan meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menerapkan prinsip-prinsip produktivitas ramah lingkungan dalam konteks kerja. Keberhasilan pelatihan sangat dipengaruhi oleh kesiapan peserta, kualitas fasilitator, dukungan teknis, dan keterlibatan sektor industri. Tantangan yang muncul seperti keterbatasan waktu dan infrastruktur diatasi melalui bimbingan konsultatif dan koordinasi lintas pemangku kepentingan. Rekomendasi utama mencakup peningkatan durasi pelatihan, penguatan dukungan teknis, serta integrasi pendekatan psikologis seperti Adversity Quotient (AQ) untuk memaksimalkan pengembangan kompetensi berkelanjutan.

Published

2025-08-07

How to Cite

Anjarsari, N. ., Tanamas, I. ., Rismadi, B. ., & Pakpahan, M. . (2025). Implementasi Project-Based Learning dalam Pelatihan Green Productivity untuk Meningkatkan Kompetensi Berkelanjutan Tenaga Kerja. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9805-9810. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9334