Strategi Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Filipus Halawa Universitas Nias, Indonesia
  • Berkat Persada Lase Universitas Nias, Indonesia
  • Syukur Kasieli Hulu Universitas Nias, Indonesia
  • Fatiani Lase Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengintegrasikan Pendidikan Karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Huruna, serta mengetahui kendala dan upaya mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Strategi guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam penyampaian materi, Selain itu, menggunakan metode pembelajaran aktif mata pelajaran PKn. Memberikan keteladanan dalam menanamkan nilai karakter kepada siswa dengan memberikan contoh sikap nyata yang dapat di ikuti atau ditiru oleh siswa, pembiasaan positif sekolah, Yang terakhir yaitu kegiatan belajar diluar jam pembelajaran formal yaitu kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat dan potensi siswa secara menyeluruh, baik dalam aspek intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual. Kedua, Kendala guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Huruna adalah kurikulum yang padat, kurangnya sarana pendukung, kebiasaan buruk siswa dan minimnya partisipasi siswa pada kegiatan ekstrakulikuler. Ketiga, Upaya guru untuk mengatasi kendala dalam mengintegrasikan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu inovasi metode pengajaran, pendekatan kolaboratif atau berkolaborasi dengan dengan berbagai pihak dan pelatihan kepada guru untuk menambah pengetahuan tentang pendidikan karakter dan menyediakan beragam jenis kegiatan ekstrakulikuler.

Published

2025-09-05

How to Cite

Halawa, F. ., Lase, B. P. ., Hulu, S. K. ., & Lase, F. . (2025). Strategi Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10891-10902. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9341