Integrasi Pendidikan Karakter Moderasi Islam dalam Kurikulum STEM di Sekolah Islam

Authors

  • Randi Rudiana STAI Al Ruzhan Tasikmalaya, Indonesia
  • Deden Solehudin Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Iim Wasliman Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Ahmad Sukandar Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9359

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji rancangan, implementasi, dan evaluasi manajerial kurikulum STEM yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter moderasi Islam pada sekolah Islam, serta menilai dampaknya terhadap sikap toleran dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan integratif ini menggabungkan prinsip tawassuth (keseimbangan), tasamuh (toleransi), ta‘adul (keadilan), dan islah (rekonsiliasi) dalam pembelajaran berbasis proyek STEM yang kontekstual dan aplikatif. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai karakter moderasi Islam berhasil memperkuat kompetensi akademik sekaligus membentuk karakter siswa yang inklusif, toleran, dan bertanggung jawab sosial. Kurikulum ini meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan global. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan kebijakan dan pelatihan guru dalam mendukung implementasi kurikulum integratif STEM moderasi Islam di sekolah Islam.

Published

2025-08-06

How to Cite

Rudiana, R., Solehudin, D. ., Wasliman, I. ., & Sukandar, A. . (2025). Integrasi Pendidikan Karakter Moderasi Islam dalam Kurikulum STEM di Sekolah Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(8), 9666-9676. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i8.9359