Komunikasi Pendidikan Islam yang Efektif dalam Menanamkan Nilai-Nilai pada Anak Usia Dini

Authors

  • Satriana Ningsih Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Muliadi Mau Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Tuti Bahfiarti Universitas Hasanuddin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9374

Abstract

Komunikasi Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk Etika dan Karakter Anak Usia dini yang islami. Melalui komunikasi pendidikan yang berkualitas, Anak-anak lebih mudah memahami dan mengerti pesan-pesan yang disampaikan oleh Pembinanya sehingga memudahkan proses pembentukan etika dan karakter Anak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan komunikasi pendidikan Islam yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai etika dan karakter pada anak usia dini di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Kota Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pendidikan Islam yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai etika dan karakter Anak Usia Dini di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Kota Makassar berdasarkan Al-Qur’an yaitu Pembina berinteraksi kepada Santri dengan Melakukan salam sebelum berkomunikasi untuk menciptakan kedekatan, Menggunakan ucapan yang sopan dan lemah lembut, Ramah dan Terbuka dalam berkomunikasi, Menyesuaikan pembicaraan dan bahasa dengan memberikan contoh yang baik, Berdiskusi tentang sikap jujur yang harus dilakukan baik itu di Taman Pendidikan Al-Qur’an, di Rumah maupun di lingkungan sosial dan Memberikan penjelasan tentang pesan atau informasi akurat/benar yang mudah dimengerti berhasil mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di Taman Pendidikan Al-Qur’an, rumah maupun di lingkungan sosial.

Published

2025-09-07

How to Cite

Ningsih, S., Mau, M. ., & Bahfiarti, T. . (2025). Komunikasi Pendidikan Islam yang Efektif dalam Menanamkan Nilai-Nilai pada Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 10979-10986. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9374