Konstruksi Identitas Sosial melalui Komunikasi di Media Digital: Studi Literatur tentang Pembentukan Self-Presentation pada Generasi Z

Authors

  • Costantinus Sahanaya Universitas Kristen Indonesia Maluku

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi identitas sosial melalui komunikasi di media digital pada Generasi Z melalui pendekatan systematic literature review. Menggunakan framework PRISMA, penelitian ini mengkaji literatur akademik dari tahun 2019-2024 yang berfokus pada pola komunikasi digital dan pembentukan identitas Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan preferensi kuat terhadap platform berbasis visual (Instagram 92%, TikTok 87%) dengan rata-rata penggunaan 7,2 jam per hari. Strategi konstruksi identitas utama meliputi selective self-disclosure (85%), content curation (78%), dan pengembangan multiple personas (73%). Temuan mengungkapkan sistem berlapis dalam manajemen identitas digital yang terdiri dari core identity, contextual identity, dan performative identity. Implikasi positif terlihat pada peningkatan social capital (+45%) dan network diversity (+30%), namun juga menunjukkan tantangan dalam cognitive load management dan kesejahteraan mental. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan framework teoretis baru dalam memahami identitas digital dan memberikan rekomendasi praktis bagi pengembangan platform, pendidikan, dan kebijakan digital.

Published

2025-09-28

How to Cite

Sahanaya, C. . (2025). Konstruksi Identitas Sosial melalui Komunikasi di Media Digital: Studi Literatur tentang Pembentukan Self-Presentation pada Generasi Z. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(9), 11293-11300. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9378