Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Materi Perdagangan Antarpulau Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9444Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai pengembangan e-modul berbasis canva pada materi perdagangan antarpulau untuk siswa kelas VIII SMP dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang dimanfaatkan adalah research and development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation) Hasil validasi materi dan media menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak digunakan. Uji coba yang telah dilakukan menunjukkan bahwasanya peningkatan hasil belajar dan minat belajar siswa berbasis e-modul canva dinilai efektif dalam memberikan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi dan memberikan pengalaman belajar interaktif serta adaptif dengan teknologi digital. E-modul berbasis canva dinilai mampu menyajikan materi lebih efektif, interaktif dan visual sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep yang diajarkan. Kemudahan akses melalui perangkat digital dan sesuai dengan karakteristik siswa SMP yang sudah cukup paham dengan teknologi. E-modul canva dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.