Tujuan Pendidikan dalam Al-Qur’an Toleransi, Insan Kamil dan Cerdas

Authors

  • Arief Tirtana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Lakbok, Indonesia
  • Emay Rahmayani Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Lakbok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9454

Abstract

Penelitian ini membahas tujuan pendidikan dalam Al-Qur’an dengan fokus pada tiga konsep utama: toleransi, insan kamil, dan kecerdasan. Melalui metode tafsir tarbawi dengan pendekatan kajian pustaka, penelitian ini menggali pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan tafsir para ulama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, toleransi merupakan prinsip fundamental dalam Islam yang meliputi ukhuwah sesama Muslim dan sikap adil terhadap non-Muslim, sesuai dengan spirit kasih sayang dan perdamaian universal. Kedua, konsep insan kamil menggambarkan manusia paripurna yang mengintegrasikan potensi akal, hati, dan jasad secara seimbang, sehingga mampu menjalankan peran sebagai khalifah dengan iman, amal saleh, kebenaran, dan kesabaran. Ketiga, kecerdasan dalam perspektif Al-Qur’an tidak hanya berorientasi pada aspek intelektual, tetapi juga mencakup dimensi moral, spiritual, dan sosial yang selaras dengan nilai ketuhanan. Dengan demikian, pendidikan Islam menurut Al-Qur’an bertujuan membentuk manusia yang cerdas, berakhlak mulia, dan toleran, sekaligus mampu mewujudkan keutuhan pribadi sebagai insan kamil yang bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

Published

2025-10-20

How to Cite

Tirtana, A., & Rahmayani, E. . (2025). Tujuan Pendidikan dalam Al-Qur’an Toleransi, Insan Kamil dan Cerdas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 12095-12108. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9454