Pengaruh Motivasi Belajar, Efikasi Diri dan Keterampilan Membaca terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9458Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar, efikasi diri, dan keterampilan membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMK Negeri 1 Salatiga pada jurusan manajemen perkantoran dan layanan bisnis. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 103 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel ini menggunakan sampel jenuh yang termasuk ke dalam kategori non-probability sampling. Jadi seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data melalui regresi linier berganda. Data dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi belajar, efikasi diri, dan keterampilan membaca berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri 1 Salatiga. Hasil dari analisi determinasi menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar, efikasi diri, dan keterampilan berpikir kritis memberikan kontribusi sebesar 62% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, sementara itu sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Temuan dalam penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan motivasi belajar, efikasi diri, dan keterampilan membaca agar kemampuan berpikir kritis siswa lebih optimal.







