Analisis Implementasi Landasan Psikopedagogis dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9459Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi landasan psikopedagogis dalam pengembangan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sitolu Ori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yaitu melalui observasi dilapangan menggunakan alat formulir observasi, wawancara kepada narasumber/informan menggunakan formulir wawancara dan dokumentasi menggunakan alat rekaman (handphone). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa; pertama, implementasi landasan psikopedagogis dalam pengembangan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Sitolu Ori dilakukan melalui pembelajaran berdiferensiasi, dan pemberian ruang bagi kreativitas dan kemandirian siswa. Kedua, hambatan implementasi landasan psikopedagogis dalam pengembangan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Sitolu Ori yaitu keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep psikopedagogis, kurangnya pelatihan, serta keterbatasan sarana dan prasarana pendukung. Ketiga, Upaya untuk mengatasi hambatan implementasi landasan psikopedagogis dalam pengembangan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Sitolu Ori yaitu pihak sekolah memberikan dukungan berupa pelatihan guru, fasilitasi forum refleksi, dan memberikan kebebasan dalam pengembangan modul ajar sesuai kebutuhan psikologis siswa, mendorong supervisi pembelajaran, menyelenggarakan pelatihan internal, serta memberikan contoh perangkat ajar yang sesuai dengan prinsip psikopedagogis.