Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Desa Sitimulyo

Authors

  • Yanika Sriyahani Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Mohammad Syaffruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.946

Abstract

Kehadiran permainan tradisional dikalangan anak usia sekolah dasar mampu mengembangkan pendidikan karakter yang telah termuat dalam religiositas, nasionalisme, gotong royong, kemandirian dan integritas. Melalui permainan tradisional potensi dalam diri anak mampu dikembangkan yang termuat dalam olah pikir, olah rasa dan olah raga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam permainan tradisional di desa sitimulyo kecamatan pucakwangi kabupaten Pati. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui reduksi data, panyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi digunakan sebagai teknik keabsahan data dengan memperhatikan waktu pengamatan. Hasil penelitian ini diperoleh dengan hasil pertama, jenis permainan tradisional yang masih dimainkan oleh anak usia sekolah dasar di desa Sitimulyo adalah petak umpet, layang-layang, bola bekel, engklek, kelereng. Hasil kedua dari beberapa jenis permainan tradisional yang masih dimainkan oleh anak usia sekolah dasar di desa Sitimulyo di dalamnya terdapat nilai pendidikan karakter religius, sportivitas, kecermatan, keterampilan, gotong royong, mandiri, kerja keras, disiplin, sabar, cinta tanah air, demokratis dan bersahabat/komunikatif.

Published

2022-10-02

How to Cite

Sriyahani, Y., Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Desa Sitimulyo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4416-4423. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.946