Implementasi Karakter Bertanggungjawab Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Widia Cindi Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Fatiani Lase Universitas Nias, Indonesia
  • Amstrong Harefa Universitas Nias, Indonesia
  • Syukur Kasieli Hulu Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9460

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi karakter bertanggung jawab siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMP Swasta Masyarakat Damai. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi karakter bertanggung jawab siswa dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMP Swasta Masyarakat Damai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang yaitu kepala sekolah, guru PPkn, dan tiga orang siswa. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa; pertama implementasi karakter bertanggung jawab siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Swasta Masyarakat Damai dilakukan melalui pembiasaan disiplin, kejujuran, dan komitmen terhadap tugas, seperti menyelesaikan tugas tepat waktu, mematuhi aturan, serta menjaga kebersihan dan ketertiban; kedua, kendala implementasi karakter bertanggung jawab siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Swasta Masyarakat Damai yaitu kurangnya kesadaran individu siswa, Kendala yang lain yang tidak kalah penting adalah kurangnya dukungan dari lingkungan rumah. Kemudian yang ketiga upaya mengatasi implementasi karakter bertanggung jawab siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Swasta Masyarakat Damai yaitu sekolah menekankan pentingnya komunikasi dengan orang tua, pemanfaatan layanan bimbingan konseling. Guru PPKn menerapkan pendekatan kontekstual dan reflektif, serta menciptakan suasana kelas yang positif dan mendukung.

Published

2025-10-06

How to Cite

Harefa, W. C. ., Lase, F. ., Harefa, A. ., & Hulu, S. K. . (2025). Implementasi Karakter Bertanggungjawab Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11389-11397. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9460