The Role of School Principals in Human Resourse Management to Improve Teacher Performance (A Case Study at SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub, Kabupaten Tegal

Authors

  • Mustofa Kamil Universitas Islam Syekh Yusuf, Tanggerang, Indonesia
  • Dafyar Eliadi Hardian Universitas Islam Syekh Yusuf, Tanggerang, Indonesia
  • Sobikhan Sobikhan Universitas Islam Syekh Yusuf, Tanggerang, Indonesia
  • Zulfahmi Zulfahmi Universitas Islam Syekh Yusuf, Tanggerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9462

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam mengelola sumber daya manusia guna meningkatkan kinerja guru di SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub, Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan beberapa guru yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dan partisipatif, yang ditunjukkan melalui pelibatan guru dalam pengambilan keputusan, pemberian penghargaan atas kinerja, serta penyampaian umpan balik yang membangun. Pendekatan ini berdampak positif terhadap peningkatan kedisiplinan, inovasi dalam pembelajaran, dan kepuasan kerja guru. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran yang mampu menciptakan iklim kerja yang kolaboratif, mendukung pengembangan profesional guru, dan meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.

Published

2025-10-06

How to Cite

Kamil, M. ., Hardian, D. E. ., Sobikhan, S., & Zulfahmi, Z. (2025). The Role of School Principals in Human Resourse Management to Improve Teacher Performance (A Case Study at SMP NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub, Kabupaten Tegal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11417-11422. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9462