Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Materi Matematika KPK dan FPB di Kelas V SDN Sukadaya 01
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9469Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di kelas V SDN Sukadaya 01. Metode yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, yang berarti penerapan model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi KPK dan FPB.







