Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ular Tangga dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9481Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media interaktif berbasis permainan ular tangga dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri Kramat Jegu 2. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap guru PAI dan siswa kelas IV B. Media ular tangga dimodifikasi menjadi setiap kotak permainan memuat pertanyaan terkait materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu meningkatkan interaktivitas, antusiasme, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil temuan peneliti di SD Negri Kramat Jegu 2 taman dengan judul penggunaan media interaktif berbasis ular tangga dalam pembelajaran pai. Pembelajaran pai kelas 4B di sdn kramat jegu 2 ini masih menggunakan metode ceramah, dalam hal ini media pembelajaran ular tangga ini merupakan kebaruan yang ada di sdn kramat jegu 2 disamping itu terlaksananya pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga ini merupakan Langkah kreativitas bagi seorang guru dan murid karena dalam pembelajaran sebelumnya di sdn kramat jegu 2 ini masih menggunakan metode ceramah saja, hasil dari data-data wawancara dan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media ular tangga ini dapat di simpulkan dari data data tersebut.