Pemanfaatan Media Pembelajaran Aplikasi Fun Easy Learn Arabic dalam Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab terhadap Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9486Abstract
Bahasa Arab merupakan bahasa internasional yang berperan penting dalam bidang agama, pendidikan, dan kebudayaan. Penguasaan kosa kata merupakan aspek mendasar dalam pembelajaran bahasa karena mendukung empat keterampilan berbahasa: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penggunaan aplikasi Fun Easy Learn Arabic sebagai media pembelajaran digital untuk meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tinjauan pustaka dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan pemahaman kosa kata dan motivasi belajar siswa melalui fitur interaktif berupa audio penutur asli, ilustrasi visual, serta permainan edukatif. Data penelitian menunjukkan bahwa 72% siswa terlibat aktif, 20% cenderung pasif, dan 8% cukup aktif dalam diskusi kelas. Kesimpulannya, aplikasi Fun Easy Learn Arabic efektif dalam meningkatkan pembelajaran kosa kata dan motivasi belajar siswa.