Analisis Sikap Sosial terhadap Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas V SD Tahun Pelajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9491Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sikap sosial terhadap nilai kearifan lokal pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas V SD Kanisius Keprabon 01 Surakarta 2) Untuk mengetahui komponen dalam pembelajaran IPAS yang mempengaruhi sikap sosial terhadap nilai kearifan lokal peserta didik kelas V SD Kanisius Keprabon 01 Surakarta 3) Untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran IPAS untuk menumbuhkan sikap sosial peserta didik kelas V SD Kanisius Keprabon 01 Surakarta untuk memperkuat nilai kearifan lokal. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang digunakan adalah kepala sekolah, guru kelas V dan peserta didik kelas V. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Sikap sosial terhadap nilai kearifan lokal pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas V ditunjukkan melalui perilaku yang mencerminkan nilai gotong royong, toleransi, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kejujuran, dan kepedulian terhadap sesama; 2) Komponen pembelajaran IPAS yang mempengaruhi tumbuhnya sikap sosial terhadap nilai kearifan lokal mencakup perencanaan guru (modul), pemilihan media budaya lokal, dan kegiatan praktik langsung memiliki peran penting dalam membentuk sikap sosial peserta didik. 3) Strategi guru dalam pembelajaran IPAS untuk menumbuhkan sikap sosial dan memperkuat nilai kearifan lokal dilakukan dengan berbagai pendekatan.