Analisis Peran Pendidikan Guru Profesional dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • A. Erni Ratna Dewi Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Mulyadi Mulyadi Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Jacky Chin Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Ali Yusron Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9500

Abstract

Kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan mendasar, terutama terkait rendahnya capaian hasil belajar siswa dalam asesmen nasional dan internasional. Salah satu faktor utama adalah kualitas guru yang belum merata serta pendekatan pembelajaran yang belum kontekstual. Pendidikan Profesi Guru (PPG) diharapkan menjadi solusi strategis dalam meningkatkan kompetensi guru secara menyeluruh. Namun, efektivitas program ini masih dipertanyakan karena adanya ketimpangan antara teori yang diajarkan dan praktik nyata di lapangan. Banyak peserta PPG mengalami kesulitan dalam menerapkan pendekatan pembelajaran reflektif dan inovatif karena keterbatasan fasilitas, beban administratif, dan kurangnya dukungan sistemik. Studi ini menyoroti pentingnya evaluasi berbasis kebutuhan lapangan, monitoring pasca-PPG, serta penguatan mekanisme coaching dan mentoring berkelanjutan. Implementasi PPG di beberapa sekolah dasar menunjukkan adanya transformasi positif dalam perencanaan dan strategi pembelajaran, namun masih dihadapkan pada tantangan operasional di kelas. Oleh karena itu, agar PPG memberikan dampak nyata terhadap mutu pembelajaran, perlu adanya sinergi antara peningkatan kompetensi guru dan reformasi struktural sekolah. Hasil kajian ini diharapkan menjadi dasar perbaikan kebijakan pendidikan profesi yang lebih kontekstual, reflektif, dan adaptif terhadap dinamika pembelajaran di sekolah dasar.

Published

2025-10-15

How to Cite

Dewi, A. E. R. ., Mulyadi, M., Chin, J. ., & Yusron, A. . (2025). Analisis Peran Pendidikan Guru Profesional dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11872-11882. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9500