Analisis Peran Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9513Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik pada pendidikan karakter Mata Pelajaran IPA, bagaimana kendala guru dalam penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran IPA dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penerapan pendidikan karakter pada proses pembelajaran IPA di SD Negeri Wamena menunjukan hasil belajar peserta didik yang tidak semua mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hambatan yang ditemui dalam penelitian penerapan pendidikan karakter yaitu ketidaksediaanya media pembelajaran yang memumpuni untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.