Pemanfaatan Platform Quizizz sebagai Instrumen Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9515Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji efektivitas pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi interaktif dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest–posttest, melibatkan 32 siswa yang dipilih secara purposive, dengan instrumen berupa soal pilihan ganda yang disampaikan melalui aplikasi Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 53,59 (pretest) menjadi 89,97 (posttest), disertai penurunan standar deviasi yang menandakan hasil belajar lebih merata. Uji t berpasangan menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu, penerapan Quizizz mendorong partisipasi aktif sekaligus meningkatkan motivasi siswa. Dengan demikian, Quizizz terbukti efektif sebagai media evaluasi interaktif yang menarik, mampu meningkatkan pemahaman, serta mendukung motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.