Efektivitas Penggunaan Flashcard Visual terhadap Kemampuan Siswa dalam Menghafal Mufrodat Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9517Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana media flashcard efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal mufrodat bahasa bahasa Arab di MTsN 2 Kota Surabaya. Rancangan penelitian menggunakan pendekataan eksperimen semu dengan format pretest-posttest control grup, di mana kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa menjadi kelompok eksperimen, sedangkan kelas VIII-B dengan 31 siswa berfungsi sebagai kelompok kontrol. Peneliti menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda dan esai yang dirancang untuk mengetahui tingkat penguasaan mufrodat siswa baik pada tahap awal (pretest) maupun tahap akhir (posttest). Analisis data memperlihatkan bahwa distribusi nilai siswa bersifat normal dan varians antar kelompok homogen. Nilai signifikansi yang ditunjukkan melalui uji Independent Sample t-test sebesar 0,000 (<0,05), mengindikasikan adanya perbedaan hasil belajar yang nyata antara kelompok eksperimen dan kontrol. Rata-rata posttest kelompok eksperimen meningkat sebesar 13,47 poin dibandingkan pretest, meski terdapat peningkatan pada kelas kontrol, namun besarnya peningkatan tersebut jauh lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media flashcard visual berpengaruh positif terhaddap kemampuan siswa dalam mengingat mufrodat, sekaligus menumbuhkan minat serta keaktifan siswa selama kegiatan belajar berlangsung. Dengan demikian, penelitian ini memperkuat bukti bahwa media visual, khususnya flashcard, efektif dalam mempercepat penguasaan kosakata bahasa asing dan meningkatkan motivasi belajar siswa.