Literature Review: Analisis Kearifan Lokal terhadap Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9520Abstract
Kearifan lokal memiliki rujukan terhadap praktik, nilai, serta pengetahuan yang telah berkembang dalam ruang lingkup masyarakat serta memiliki keterkaitan dengan alam, budaya, serta sosial. Perilaku moral pada anak 5-6 tahun adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan. Pembentukan perilaku moral anak dapat didukung oleh kearifan lokal yang ada di Indonesia seperti sekarang ini. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis perilaku moral anak usia 5-6 tahun yang berkearifan lokal masyrakat. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan jurnal ini ialah menggunakan jenis kualitatif. Hasil dan kesimpulan yang diambil ialah pengembangan kecerdasan moral atau pendidikan karakter pada anak usia dini dapat diberikan melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal yang terdapat di sekolah. Selain itu, pendidikan moral juga dapat diberikan pada lingkungan masyarakat ataupun keluarga melalui kegiatan edukasi yang menyenangkan seperti permainan tradisional berbasis kearifan lokal, dan lain sebagainya. Pendidikan moral pada anak usia dini dapat di implementasikan melalui keteladanan dari orang tua, guru, ataupun orang dewasa yang terdapat di lingkungan sekitar.