Penggunaan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 106840 Kampung Benar

Authors

  • Wahyu Hayati Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Dalimawaty Kadir Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Dara Fitrah Dwi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
  • Safrida Napitupulu Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9523

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan pada hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106840 Kampung Benar yang masih rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan menerapkan model Project Based Learning pada siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang, melalui dua siklus pembelajaran, di mana setiap siklus terdiri tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan melalui hasil tes, observasi, dan instrumen untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya PjBL. Berdasarkan temuan penelitian, penerapan model PjBL meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan skor pada siklus I sebesar 40% dengan kriteria cukup, yang meningkat signifikan menjadi 96,67% pada siklus II. Penggunaan PjBL terbukti mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Published

2025-10-07

How to Cite

Hayati, W. ., Kadir, D. ., Dwi, D. F. ., & Napitupulu, S. . (2025). Penggunaan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 106840 Kampung Benar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11653-11661. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9523