Inovasi Pembelajaran Pancasila Berbasis Learning Management System Google Classroom di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9535Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar Pendidikan Pancasila yang terintegrasi dengan Learning Management System (LMS), khususnya Google Classroom, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik kelas V SDN Gadang 3 Kota Malang terhadap hak, kewajiban, dan tanggung jawab mereka sebagai warga negara, serta keterbatasan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, validasi ahli, dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memperoleh penilaian kelayakan yang sangat tinggi dari ahli media berjumlah 96%, materi berjumlah 97%, dan Bahasa berjumlah 97%. Implementasi melalui uji coba lapangan skala besar juga menunjukkan tingkat kepraktisan yang tinggi, dengan rata-rata penilaian kepraktisan dari siswa sebesar 85% dan guru sebesar 84%. Temuan ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak dan praktis digunakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran yang interaktif dan terintegrasi dengan teknologi.