Implementasi Bimbingan Konseling untuk Mengembangkan Pengembangan Diri bagi Siswa Tunagrahita Ringan

Authors

  • Ani Hanifah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Eka Yuli Astuti Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9537

Abstract

Siswa tunagrahita ringan memiliki hambatan dalam aspek kognitif yang berdampak pada kesulitan mengembangkan keterampilan personal dan sosial secara optimal, sehingga memerlukan pendekatan khusus dalam layanan bimbingan konseling untuk mencapai kemandirian hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi bimbingan konseling dalam mengembangkan kemampuan pengembangan diri anak tunagrahita ringan, khususnya dalam aspek keterampilan hidup sehari-hari, interaksi sosial, dan kemandirian personal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu 4 orang guru, 3 guru di SLB Bina Mandiri dan 3 guru di SLB Tunas Kemuning. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi bimbingan konseling dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan (identifikasi kebutuhan dan penyusunan program layanan), pelaksanaan (layanan bimbingan individual dan kelompok), dan evaluasi (penilaian hasil dan dampak program). Melalui implementasi bimbingan konseling, siswa tunagrahita dapat mengembangkan aspek keterampilan hidup sehari-hari, interaksi sosial dan kemandirian personal. Kolaborasi antara guru sebagai pembimbing bimbingan konseling dan keluarga menjadi faktor pendukung keberhasilan program.  Implementasi bimbingan konseling yang sistematis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dapat menjadi strategi untuk mengoptimalkan pengembangan diri anak tunagrahita ringan menuju kemandirian hidup yang lebih baik.

Published

2025-10-15

How to Cite

Hanifah, A., & Astuti, E. Y. . (2025). Implementasi Bimbingan Konseling untuk Mengembangkan Pengembangan Diri bagi Siswa Tunagrahita Ringan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(10), 11849-11855. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9537