Efektivitas Gamifikasi dengan Zep Quiz dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9538Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas gamifikasi melalui platform Zep Quiz dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa kelas VIII-B MTsN 4 Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain one-group pretest–posttest pada 30 siswa. Instrumen berupa tes kosakata 25 butir yang telah diuji validitas isi, konstruk, dan reliabilitas (Cronbach’s ? = 0,86). Analisis data menggunakan uji t berpasangan dan ukuran efek Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 74,73 menjadi 89,67; t(29) = 6,26, p < .001; dengan mean difference = 14,94 dan Cohen’s d = 1,14 (efek besar). Selain itu, penurunan standar deviasi dari 13,33 menjadi 10,93 menunjukkan adanya pemerataan hasil belajar. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Zep Quiz efektif meningkatkan kosakata Bahasa Arab sekaligus mendukung motivasi dan pemerataan capaian siswa. Penelitian lanjutan disarankan melibatkan sampel lebih besar, durasi lebih panjang, serta perbandingan dengan platform gamifikasi lain.







