Pengaruh Servant Leadership dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru dengan Mediasi Motivasi Guru dan Work Engagement di SMP Negeri 3 Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9542Abstract
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, SMP Negeri 3 Tomohon menghadapi tantangan terkait penurunan kualitas pembelajaran. Berdasarkan data Rapor Pendidikan tahun 2024, capaian pembelajaran turun menjadi 61,3%, mengalami penurunan sebesar 2,18% dibandingkan tahun sebelumnya. Observasi kepala sekolah mengungkapkan bahwa keteraturan suasana kelas masih rendah, terutama terkait komunikasi antara guru dan siswa serta penguatan kesepakatan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh servant leadership dan kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan mediasi motivasi guru dan work engagement. Kuesioner dengan 50 item disebarkan kepada 32 responden guru di SMP Negeri 3 Tomohon. Data diolah dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan servant leadership berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Begitupun dengan kompetensi guru, motivasi guru dan work engagement berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hasil penelitian juga menunjukkan kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja guru melalui motivasi guru, serta servant leadership berpengaruh positif terhadap kinerja guru melalui motivasi guru dan work engagement.







