Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru SD XYZ Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9543Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan rata-rata nilai Ujian Sekolah di SD XYZ Tomohon, yang mencerminkan rendahnya kinerja guru. Permasalahan utama yang diidentifikasi meliputi kurangnya variasi metode pembelajaran, keterlambatan penyusunan perangkat ajar, minimnya inovasi, serta lemahnya komitmen dan budaya sekolah. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah masih bersifat konvensional dan belum mampu menginspirasi guru untuk berinovasi. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan kuesioner tertutup untuk mengumpulkan data dari guru-guru sekolah dasar. Analisis data dilakukan secara statistik untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya sekolah, dan komitmen guru terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, dengan kepemimpinan transformasional dan budaya sekolah. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kepemimpinan, budaya organisasi, dan komitmen guru dalam menutup gap kinerja serta meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.







