Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Gotong Royong di Kelas IV SDN 101956 Sukaramai
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9544Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 101956 Sukaramai pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi gotong royong. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel 28 siswa. Instrumen berupa tes hasil belajar, observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Pada pretest, nilai terendah siswa adalah 45 dan tertinggi 80, dengan rata-rata 61,07; 11 siswa (39%) mencapai KKM, 17 siswa (61%) belum tuntas. Setelah penggunaan media video animasi, nilai posttest meningkat dengan nilai terendah 70 dan tertinggi 95, rata-rata 84,64, seluruh siswa (100%) mencapai KKM. Uji-t (paired sample t-test) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan video animasi terhadap hasil belajar siswa. Hasil observasi memperlihatkan siswa lebih fokus, antusias, aktif dalam pembelajaran, sementara guru menyatakan media ini membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi lebih konkret. Penggunaan video animasi terbukti efektif sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, dan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai gotong royong.







