Analisis Peran Guru PPKn dalam Membentuk Sikap Tanggung Jawab Siswa terhadap Tugas Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9546Abstract
Tanggung jawab adalah suatu kesadaran akan kewajibannya untuk melaksanakan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru PPKn dalam Membentuk Sikap Tanggung Jawab Siswa terhadap Tugas Sekolah di SMP Negeri 4 Idanogawo. Metode penelitian yakni penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan, mereduksi, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian: pertama, analisis Peran Guru PPKn dalam Membentuk Sikap Tanggung Jawab Siswa terhadap Tugas Sekolah di SMP Negeri 4 Idanogawo yaitu Guru berusaha menanamkan nilai tanggung jawab melalui keteladanan disiplin, pemberian arahan, evaluasi, serta penghargaan maupun konsekuensi agar siswa terbiasa menyelesaikan tugas dengan baik. Kedua, Faktor Pendukung Dan Penghambat Rendahnya Tanggung Jawab Siswa Terhadap Tugas Sekolah di SMP Negeri 4 Idanogawo. faktor pendukung yaitu adanya aturan sekolah yang jelas, dukungan dari guru PPKn bimbingan dari kepala sekolah, fasilitas belajar yang memadai, serta dorongan dari sebagian siswa dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran diri, sikap malas dan kebiasaan menunda pekerjaan, lemahnya pengawasan orang tua di rumah, serta pengaruh lingkungan pergaulan yang kurang positif.