Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning pada Teks Biografi Menggunakan Pendekatan CRT di Kelas X BDG 1 SMK Muhammadiyah 4 Kalisat
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9550Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan capaian belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada pembelajaran teks biografi di kelas X BDG 1 SMK Muhammadiyah 4 Kalisat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diimplementasikan dalam dua siklus. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) mampu meningkatkan hasil belajar, partisipasi aktif, serta keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif peserta didik. Pada siklus pertama, keterlibatan siswa mulai mengalami peningkatan, meskipun sebagian masih menunjukkan keraguan untuk mengajukan pertanyaan. Pada siklus kedua, tingkat kehadiran dan partisipasi peserta didik menunjukkan peningkatan, ditandai dengan keberanian mereka dalam menyampaikan pendapat serta terciptanya suasana kelas yang lebih kondusif. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching dapat menghadirkan pengalaman belajar yang bermakna, menyenangkan, serta relevan dengan kebutuhan peserta didik.