Pengaruh Gaya Komunikasi Guru dalam Pembelajran terhadap Academic Performance Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9558Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya komunikasi guru terhadap academic performance siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 di SMP Negeri 90 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 8 yang berjumlah 108 siswa, dan sampel sebanyak 85 siswa diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data academic performance siswa diperoleh melalui nilai tugas harian IPS, sedangkan data gaya komunikasi guru diperoleh melalui angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha = 0,853). Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara gaya komunikasi guru terhadap academic performance siswa, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,599 > t tabel 1,988. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,270 menunjukkan bahwa gaya komunikasi guru memberikan kontribusi sebesar 27,0% terhadap variabilitas academic performance siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik gaya komunikasi yang diterapkan guru, semakin tinggi pula pencapaian akademik siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk mengembangkan gaya komunikasi yang demokratis, interaktif, dan responsif dalam pembelajaran IPS guna meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.