Peningkatan Kreativitas Menulis Cerpen melalui Culturally Responsive Teaching Berbasis Hikayat: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X DKV SMK Muhammadiyah 4 Kalisat
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v8i10.9559Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X DKV SMK Muhammadiyah 4 Kalisat melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbasis hikayat. Pendekatan ini digunakan untuk mengintegrasikan nilai budaya siswa ke dalam proses pembelajaran menulis secara kreatif dan reflektif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan CRT mampu meningkatkan nilai rata-rata siswa dari 58,67 (Pra-Siklus) menjadi 68,67 (Siklus I), dan meningkat signifikan menjadi 81,83 (Siklus II). Selain peningkatan teknis menulis, pendekatan ini juga berhasil membangun kesadaran budaya siswa, mendorong keberanian berekspresi dan menghasilkan karya cerpen yang lebih autentik dan kontekstual. Faktor pendukung utama adalah relevansi teks hikayat dengan latar budaya siswa, sementara itu penghambatnya adalah keterbatasan waktu dan akses sumber budaya lokal.







